Aduan Online

Halaman Aduan Online
Halaman Review Aduan
Tindakan Aduan

Fitur Aduan Online memungkinkan warga untuk melaporkan masalah atau kejadian yang membutuhkan perhatian atau tindakan dari pemerintah desa. Pengaduan yang diterima akan diproses oleh petugas dan status pengaduan akan diperbarui sesuai dengan proses penanganannya.


1. Tampilan Halaman Detail Pengaduan

Pada halaman Detail Pengaduan, Anda dapat melihat informasi lengkap terkait pengaduan yang diajukan oleh warga, termasuk isi pengaduan, riwayat penanganan, dan data pelapor. Halaman ini juga memungkinkan Anda untuk memperbarui status pengaduan dan menambahkan catatan.

Tampilan Halaman Detail Pengaduan

Nomor Pengaduan

1

Judul Pengaduan

Pohon Tumbang

Isi Pengaduan

Mohon bantuan ada pohon besar tumbang di ruas jalan Simatupang

Jenis Pengaduan

Biasa

Lampiran Pendukung

Lampiran Pengaduan

Riwayat Penanganan

Pengaduan Diterima pada 1 Juni 2025 pukul 18.41 WIB

Data Pelapor

Wasis Sarwo Estu - Telepon: 082225885192


2. Tindakan yang Dapat Dilakukan

Setelah memeriksa pengaduan, petugas desa dapat memperbarui status pengaduan atau menambahkan catatan terkait penanganan pengaduan. Berikut adalah cara untuk mengelola pengaduan lebih lanjut.

Proses Pengelolaan Pengaduan:

  1. Klik Tindakan Klik tombol Tindakan yang terletak di bagian atas halaman untuk memulai proses pengelolaan pengaduan.

  2. Pilih Status Pengaduan Anda dapat memilih salah satu dari tiga status yang tersedia untuk menggambarkan tahap penanganan pengaduan:

    • Investigasi: Status ini menunjukkan bahwa pengaduan sedang dalam tahap penyelidikan atau verifikasi oleh petugas desa.

    • Ditindaklanjuti: Status ini menunjukkan bahwa pengaduan sudah ditindaklanjuti dan petugas desa sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah.

    • Selesai: Status ini menunjukkan bahwa pengaduan telah diselesaikan dan tindakan yang diperlukan telah diambil.

  3. Tambahkan Catatan Anda dapat menambahkan catatan terkait tindakan yang telah atau akan dilakukan. Catatan ini berfungsi untuk memberikan informasi tambahan atau memberikan pembaruan terkait penanganan pengaduan.

  4. Klik "Simpan" Setelah memilih status dan menambahkan catatan, klik tombol "Simpan" untuk memperbarui status pengaduan dan menyimpan perubahan.

Formulir Tindakan Pengaduan:

  • Status Pengaduan Pilih salah satu status berikut:

    • Investigasi

    • Ditindaklanjuti

    • Selesai

  • Catatan Isikan catatan tambahan yang diperlukan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut atau memperbarui informasi terkait pengaduan.


3. Riwayat Penanganan Pengaduan

Setiap kali status pengaduan diperbarui atau catatan ditambahkan, Riwayat Penanganan akan tercatat otomatis. Riwayat ini mencatat setiap perubahan status dan catatan yang diberikan, sehingga memudahkan pemantauan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang sudah diajukan.

Contoh Riwayat Penanganan:

  • Pengaduan Diterima pada 1 Juni 2025 pukul 18.41 WIB

  • Investigasi pada 2 Juni 2025 pukul 10.00 WIB

  • Ditindaklanjuti pada 2 Juni 2025 pukul 14.00 WIB

  • Selesai pada 3 Juni 2025 pukul 09.30 WIB

Last updated